TIPE-TIPE PERAIH IMPIAN

tipe-tipe peraih impian

Dulu diawal-awal saya ikut training  motivasi, beberapa motivator sering menceritakan kisah  5 ekor monyet, untuk menggambarkan Tipe-tipe orang dalam mencapai  IMPIANnya.

Begini ceritanya:

Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh professor dari Amerika. Ada 2 ekor monyet yang dimasukkan kedalam ruangan yang didalamnya terdapat tiang  dengan pisang masak diatasnya. Menurut anda apa yang akan dilakukan monyet-monyet tersebut terhadap pisang diatas tiang itu? Tepat sekali! setelah beradaptasi sebentar dengan ruangan tersebut  Kedua monyet itu atau kita sebut saja monyet A dan monyet B mulai mendekati tiang. Monyet A mulai menaiki tiang, dan ketika sampai di tengah-tengah tiang, professor menyemprotkan air dengan keras sehingga monyet A jatuh, monyet A mencoba lagi dan disemprot lagi sehingga jatuh lagi, demikian seterusnya beberapakali sampai monyet A putus asa dan menyerah. Lalukemudian  giliran monyet B yang mencoba untuk menaiki tiang tersebut. Seperti  monyet A, monyet B juga mendapat semprotan berulang kali sehingga dia menjadi putus asa juga.

tipe-tipe peraih impian

Berikutnya kedalam ruangan dimasukkan monyet C. yang menarik adalah sang professor memutuskan untuk tidak menyemprotkan air jika monyet-monyet itu naik. Namun yang terjadi adalah monyet A dan B menarik monyet C ketika monyet C  mencoba untuk memanjat tiang, serentak monyet A dan B berusaha menghalangi monyet C agar tidak memanjat tiang tersebut.

“udah jangan naik, nanti kamu sial kayak kami.” begitu kira-kira peringatan mereka..he he. kedua monyet itu meyakinkan kepada monyet C bahwa menaiki tiang itu mendatangkan bahaya.

Monyet C pun menurut.

tidak lama kemudian monyet A dan B dikeluarkan, tinggallah monyet C. lalu para professor memasukkan monyet D dan E kedalam ruangan itu. setelah beradaptasi sesaat, monyet D pun mulai tertarik dengan pisang diatas tiang. Lalu ia mendekati tiang dan akan memanjatnya. Tapi tiba-tiba monyet C  menariknya.

“jangan naik.. diatas ada bahaya bro.”

“bahaya apa?? tanya monyet D

“Ah pokoknya bahaya deh, ada teman kita yang cerita kalau kita naik tiang itu, maka kita akan terkena bahaya. Udah percaya aja bro, daripada sial, mending menghindar.” kata monyet C meyakinkan. monyet D pun percaya.

Tidak demikian dengan monyet E. Monyet ini memang rock n roll..ha ha. Agak ngeyel  dan nekad gitu lah.

“ah, masa sih ada bahaya, aku ga percaya bro kalau belum mencoba naik.”

Maka monyet E memanjat tiang. Dan memang karena para proffesor sudah menghentikan semprotannya, maka monyet E bis a mendapatkan pisang dengan aman dan bahagia.

Nah apa sih maksud dari cerita ke lima  monyet itu?

Begini ya, dalam kehidupan, kita akan dipertemukan dengan 5 macam karakter orang dalam meraih MIMPInya.

  1. Tipe Orang yang Pernah mengejar mimpinya, babak belur dalam mengejar mimpi. Jatuh bangun dan akhirnya menyerah.
  2. Tipe orang yang menerima petunjuk dari orang lain, ini yang boleh dan itu yang tidak boleh. Tanpa berani melakukan terlebih dahulu.
  3. Tipe yang tidak mudah percaya sebelum benar-benar dilakukannya

Nah kira-kira kita itu masuk dalam tipe mana dalam mengejar IMPIAN kita.

Pengen bisnis online nih… tapi teman-teman bilang, jangan nanti kamu ketipu, kamu kan ga punya modal, kamu kan gaptek de el el. Kalau tipe  1 dan 2, langsung mundur teratur deh dapat input begitu, dan siap-siap ketinggalan kereta deh. Ketika banyak  orang sudah melangkah, Nah si 1 dan 2 masih timbang-timbang, mikir-mikir. Barulah ketika  si tipe 3 sukses,  ngomong gini…

“Yaaah coba ya saya mulai waktu itu, pasti saya sudah bla bla bla…..”

Nah, jangan sampai ketinggalan kereta yaaaa… segera kejar mimpi, jangan biarkan siapapun mencurinya

Nikmah Nursyam

BACA JUGA : THE WINNER NOT A WHINER

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!