TAKUT KETINGGIAN DAN CARA MENGATASINYA

TAKUT KETINGGIAN DAN CARA MENGATASINYA
TAKUT KETINGGIAN DAN CARA MENGATASINYA

TAKUT KETINGGIAN DAN CARA MENGATASINYA

Pertama kali menyadari kalau saya takut ketinggian adalah saat usia 20 an tahun. Saya berada di sebuah mall, di lantai 4. Penasaran ingin melihat keramaian di lantai dasar dari atas, maka dari lantai 4 saya melongok ke bawah. Seketika itu keringat dingin keluar,mata berkunang-kunang , mual tak karuan,lalu lemas. Dan setelah itu saya benar-benar tidak punya nyali pada ketinggian. Dan kondisi itu merembet pada ketakutan naik pesawat terbang. Bayangkan betapa menderitanya saya, tidak bisa pergi jauh karena takut naik pesawat.

Saya mulai mengingat-ingat, kenapa takut ketinggian itu bisa menimpa saya. Tidak mungkin takut ketinggian datang begitu saja tanpa sebab. Pasti ada sebabnya, pikir saya. Maka saya mulai menelusuri kejadian-kejadian masa lalu, dimulai dari masa kecil, sampai saya dewasa yang berpotensi menyebabkan saya trauma pada ketinggian. Sehari, dua hari sampai seminggu, berlanjut bulan saya ingat-ingat terus kejadian demi kejadian. Sepertinya ini bukan keturunan, karena dalam keluarga besar saya tidak ada yang trauma pada ketinggian. Hanya saya seorang yang takut  ketinggian. Tibalah saatnya ketika saya mengunjungi nenek saya, tiba-tiba ingatan saya melayang pada masa ketika umur saya 5 tahun, saat menginap di rumah kontrakan nenek.

Nenek saya mengontrak di Bendungan Hilir ( BENHIL ). Waktu itu sekitar tahun 1980, Benhil sudah lumayan padat. Jakarta memang lebih padat dari kota-kota lain sejak dulu kala. Rumah-rumah kontrakan sudah berdempetan. Nenek mengontrak rumah berloteng ( loteng itu kerennya sih lantai dua, tapi darai papan ), dibawah hanya untuk dapur. Tangganya pun sederhana terbuat dari papan tanpa pegangan. Sore itu menjelang maghrib, saya baru saja selesai bermain di luar bersama ibu saya. Setiap sore kawasan itu memang ramai oleh anak-anak kecil bermain. Karena sudah mendekati maghrib, saya dan ibu saya pulang. Saya berlari riang menuju rumah, karena dibercandai ibu saya. Dan menaiki tangga dengan masih berlari. Malang tak dapat dicegah, tubuh kecil saya yang hampir sampai keatas,tiba-tiba meluncur ke bawah. Meluncur menghantam perabot rumah tangga seperti dandang, panci dan lain-lainnya yang tepat berada dibawah tangga. Suara klontangan mengagetkan bibi dan nenek saya yang ada diatas. Saya tak ingat apa-apa lagi.

Kejadian itulah yang saya curigai sebgai penyebab saya takut ketinggian. Karena saya sudah menemukan penyebab trauma ketinggian itu, maka kemudian saya mencari cara penyembuhannya. Karena saya tak ingin takut ketinggian itu menyebabkan terhambatnya aktifitas –aktifitas saya, yang otomatis juga akan membuat banyak peluang terbang meninggalkan saya. Rugi kan ya, jadi tidak bisa jalan-jalan keluar negri deh kalau membiarkan trauma pada ketinggian betah dalam diri saya.

Nah dari berbagai metode yang saya pelajari dari workshop ke workshop, training ke training, saya menemukan cara yang cocok untuk diri saya dan terbukti bekerja untuk diri saya. Saya membuat metode sendiri yang benar-benar cocok untuk saya. Dan memang setelah melakukan therapy tersebut saya jadi berani naik pesawat terbang, dan hingga saat ini sudah ratusan penerbangan saya lakukan. Saya juga tidak jatuh lemas saat melihat lantai dasar mall dari ketinggian lantai berapapun. Bagi tema-teman yang sedang mengalami trauma pada ketinggian, bisa melakukan therapy sederhana ini. Mudah dilakukan dan tanpa biaya sepeserpun.

Ohya faktor penting yang harus diperhatikan ketika kita ingin sembuh dari trauma pada ketinggian adalah :

  1. Kesadaran dan keinginan untuk sembuh, kalau kita tidak memiliki kesadaran dan keinginan untuk sembuh, bisa dipastikan proses kesembuhan trauma pada ketinggian akan berjalan lambat, bahkan bisa gagal total.
  2. Sungguh-sungguh, nah kunci berikutnya adalah sungguh-sungguh ingin sembuh dari trauma pada ketinggian. Apapun kalau dilakukan secara sungguh-sungguh, hasilnya Insya Allah maksimal. Nah, Untuk menanamkan kesungguhan diuperlukan pemahaman terhadap penyebab trauma pada ketinggian. Telusuri dulu apa penyebabnya, seperti saya menelusuri kisah saya. Lalu tulislah kerugiannya jika kita tidak sembuh dari trauma pada ketinggian.

 

Lalu kalau sudah memperhatikan dua point diatas, barulah lakukan therapy ini. Ingat ya setiap orang berbeda-beda karakter, dan itu juga bisa berpengaruh terhadap metode. Therapy ini bisa jadi cocok untuk saya tapi belum tentu cocok untuk anda, tapi apa salahnya dicoba, iya kaaan…

 

  • Pilih tempat yang tenang, baiknya dilakukan 30 menit sebelum tidur malam
  • Siapkan buku dan balpoint (pulpen), bukan pulpen tinta ya
  • Awali dengan menarik nafas panjang, semampunya. Tahan beberapa detik lalu hembuskan. Lakukan 7 kali, boleh juga lebih.
  • Pejamkan mata dan berbisik halus pada diri sendiri, “aku diri yang menyukai perubahan positif, aku suka menjadi diri yang lebih baik dari hari ke hari… mulai hari ini dan seterusnya atas kehendak Alloh aku mulai berani melihat dari ketinggian, aku mulai berani berada di ketinggian, mulai berani naik pesawat…. Alhamdulillah terimaksih ya Alloh atas karuniaMU.”
  • Ucapkan kata-kata itu perlahan dan lembut, baiknya dihafalkan dahulu ya sebelum therapy.
  • Ucapkan 3-5 kali dengan jeda. Setelah itu tarik nafas panjang dan lembut, tarik nafas dari hidung dan hembuskan lewat mulut. Lalu buka mata perlahan-lahan
  • Nah selanjutnya tuliskan dalam buku tulis yang sudah disiapkan tadi, seperti ini: “ya Alloh pemilik kebaikan-kebaikan, alhamdulillah, terimakasih atas karuniamu. Mulai hari ini dan seteruskan perlahan dan pasti aku berani melihat dari ketinggian, aku berani berada diatas ketinggian dan aku berani naik pesawat terbang. Karena aku muslim dan rindu berangkat umroh, rindu bersujud di Masjidil Harom. Terimakasih ya Alloh, berikan kekuatan untuk berani diatas ketinggianm berani melihat dari atas ketinggian dan berani naikpesawat terbang.”
  • Setelah itu istirahatlah dengan tenang. Jangan lupa baca surat Al Fatihah ya sebelum tidur.

Begitulah therapy yang saya ciptakan sendiri untuk diri saya mulanya, tapi kemudian saya aplikasikan kepada sahabat-sahabat saya dan Alhamdulillah berhasil.

Perlu diingat bahwa therapy ini harus dilakukan berulang kali, setidaknya untuk pertama kali lakukan selama 90 hari tanpa putus.

Metode ini juga bisa dilakukan untuk ketakutan pada hal lain juga. Tapi tidak berlaku untuk ketakutan pada HUTANG yaaa…he he…  karena ketakutan pada hutang mah bukan untuk di therapy melainkan harus segera diBAYAR.

Baca juga artikel ini: KOMUNITAS BELAJAR BISNIS ONLINE

Saya Guru TK dan Saya Berpenghasilan Hampir 100 juta dari Bisnis Online

 

testimoni mentoring bisnis online TWI
Mendapatkan penghasilan segini dari belajar di MBO-TWI

 

Mentoring Bisnis Online TWI

MBO-TWI adalah Bimbingan bisnis online yang membimbing member-membernya bagaimana membangun bisnis online dari mulai menciptakan produk yang cocok dijual di online, merancang strategi pemasaran yang efektif, hingga membuat bisnisnya mendapat transferan bukan hanya sekali tapi berkali-kali.

MBO-TWI ini sengaja dibuat untuk membantu para wanita yang bisnis onlinenya macet, bermasalah penjualannya, dan merasa tidak ada peningkatan atau para wanita yang baru mau memulai bisnis online dan bingung mau memulai darimana.

APA YANG AKAN ANDA KUASAI SAAT MENJADI MEMBER MBO-TWI???

ANDA AKAN MENGUSAI:

⇒ Pola bisnis online tembus ratusan juta bahkan miliaran rupiah

⇒ Ilmu wajib bisnis online yang bikin gendut isi rekening

Merancang strategi agar bisnis online dapat transferan berkali-kali

⇒ Rahasia dapat pembeli lebih cepat dan lebih banyak dari sebelumnya

⇒ Bagaimana menciptakan produk yang berpotensi laris manis dipasarankan lewat online

Tips praktis nulis iklan promosi agar calon pembeli kebeket transfer

⇒ Rahasia dapat pembeli lebih cepat dan lebih banyak dari sebelumnya

 

INI FASILITAS YANG OTOMATIS ANDA DAPAT KETIKA MENJADI MEMBER MBO-TWI

1. Bimbingan Intensif

Anda akan dipandu menguasai ilmunya dari dasar banget, jadi tidak perlu meraba-raba harus mulai praktek darimana. Bimbingan dilakukan secara ONLINE melalui grup WA, Telegram dan Webinar. Juga bimbingan OFFLINE ( tatap muka secara langsung) 

2. Member Area Eksklusif

Berisi Ratusan ( dan akan bertambah terus ) materi berbentuk modul digital dan video tutorial yang ilmunya berdampak langsung ke bisnis Anda.

3. Akses Konsultasi Langsung

Bisa tanya jawab sepuasnya, diskusi dan sharing seputar materi melalui whatsapp dengan para mentor tanpa terbatas waktu, sampai kapanpun.

4. Grup Diskusi telegram

Tukar pikiran dengan semua member di grup telegram, belajar jadi tidak sendirian.

5. Support Member

Selama proses belajar, Anda akan didampingi costumer service yang selalu siap membantu Anda sampai sukses.

6. Life time Status

Berkesempatan mendapatkan update materi selamanya tanpa biaya tambahan satu rupiah pun.

 

mentoring bisnis online TWI

mentoring bisnis online TWI

Apa Kata Mereka Tentang MBO-TWI???

mentoring bisnis online TWI

 



 

 



mentoring bisnis online TWI

 



testimoni member mentoring bisnis online TWI

 

YUK AMBIL KESEMPATAN SEKARANG JUGA!! JANGAN-JANGAN HARGA PONSEL ANDA JUSTRU LEBIH MAHAL DARI BIAYA BELAJAR BISNIS ONLINE  INI... he he

Kursus Internet Marketing Bagi Karyawati Untuk Persiapan Pensiun Dini

 

 

mentoring bisnis online TWI

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!