Pantai Klayar Pacitan – Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Pantai Klayar adalah salah satu tujuan wisata yang patut diperhitungkan. Keindahan Pantai Klayar Setelah perjalanan yang cukup menguras adrenalin, Anda akan mendapatkan sensasi bagaikan mendapatkan harta karun.

Pantai Klayar Pacitan - Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Ya, Pantai Klayar bagaikan harta karun yang tersembunyi di balik bukit. Jika Anda mengalihkan arah pandangan ke wilayah Barat dari Pantai Klayar, di sana ada sebuah tebing tinggi kurang lebih 50 meter.

Tebing karang tersebut menjadi salah satu ciri khas Pantai Klayar Pacitan, Jawa Timur. Yang unik di Pantai Indah ini adalah pengunjung bisa menyaksikan fenomena air laut yang memancar ke atas kurang lebih setinggi 8-10 meter.

Lokasi Pantai

Pantai Klayar terletak di desa Kalak kecamatan Donorejo, kabupaten Pacitan Jawa Timur. Jarak pantai Klayar dari pusat Kota Jawa Timur, Surabaya kurang lebh 302,9 Km, Membutuhkan waktu 7-8 jam untuk sampai di pantai ini. Sementara jarak dari Daerah Istimewa Yogyakarta adalah 102,4 Km dan hanya membutuhkan waktu tempuh 3 jam. Lebih dekat ya.

Ketika kami berwisata kesin,  kebetulan kami menempuh perjalanan dari Pacitan, jadi kami hanya memerlukan waktu 1 jam saja dari Pacitan, dengan jarak tempuh sekitar 34 km.

Perjalanan menuju ke lokasi akan melalui jalan berbukit, dengan medan yang berkelok-kelok dan sesekali menanjak. Jadi pastikan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan yang baik.

Lelahnya perjalanan akan terbayar lunas ketika kita sampai di pantai ini. Pemandangannya yang indah, pasirnya yang bersih membuat kita lupa pada jarak tempuh.

RUTE MENUJU PANTAI

Untuk mencapai pantai ini Anda dapat melalui beberapa rute diantaranya:

1. Rute dari Arah Yogyakarta

Bagi anda yang mengambil arah dari Yohyakarta, bisa mengambil rute melalui Wonosari atau Gunung Kidul. Setelah sampai disalah satu daerah tersebut, Anda bisa mengarah ke Pathuk. Selanjutnya perjalanan mengarah ke Pracimantoro, selanjutnya ke Giribelah. Setelah itu melewati daerah Punung. Nah, setelah itu kita akan menemukan penunjuk arah ke pantai Klayar. Anda juga bisa menggunakan penunjuk arah dari google map. Hanya arahan dari google map kadang melalui rute yang berputar-putar ( pengalaman… hehe )

1. Rute dari Arah Pusat kota Pacitan

Jika Anda datang dari Kota Pacitan, dapat menggunakan jalur bus Pacitan – Solo. Setelah urang lebih 10 kilometer, Anda akan bertemu dengan pertigaan Dadapan, disitu ambil yang arah belok kiri. Seteleh berjalan lurus akan bertemu dengan desa Candi, lalu pertigaan stelah itu belok kanan. Ikuti arah jalan aspal sampai bertemu pertigaan lagi dan ambil  yang lurus, sampai bertemu papan penunjuk arah.

HARGA TIKET MASUK

Terakhir kami berkunjung di bulan Juni 2019, tiket masuk perorang adalah Rp 10.000. Parkir kendaraan roda 4 Rp 15.000

Selain menikmati indahnya pemandangan pantai Klayar, kita juga bisa berkeliling pantai menggunakan ATV   ( All Terrain Vehicle/kendaraan segala medan ), dengan harga sewanya Rp 50.000 dan bisa dikendarai oleh 3 orang.

Pantai Klayar Pacitan - Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Terbaru

SARAN BERWISATA

Jika ingin benar-benar nyaman menikmati pemandangan pantai Klayar dan merasakan deburan ombaknya, baiknya berkunjung di luar hari libur. Anda bisa mengambil cuti kerja untuk berlibur kesana. Di hari-hari biasa pengunjung tidak terlalu padat, sehingga berfoto ria pun tidak banyak background pengunjung lain.

Kalau ingin menikmati sunset seperti yang kami lakukan, bisa menginap di homestay di kawasan pantai. Harga sewa  homestay permalam kisaran Rp 200.000

Jam operasional pantai mulai 06.00-18.00 WIB

Demikian cerita saya,  jangan lupa masukkan kedalam agenda wisata anda ya.