Mengapa Bisnis Bisa Gagal? ini dia 8 hal Penyebab bisnis kita gagal

Mengapa Bisnis Bisa Gagal? ini dia 8 hal Penyebab bisnis kita gagal

Mengapa Bisnis Bisa Gagal? ini dia 8 hal Penyebab bisnis kita gagal  Banyak orang berbondong-bondong beralih dari menjadi karyawan menjadi pebisnis. Penyebabnya macam-macam; ada yang disebabkan pemutusan hubungan kerja ( PHK ) dari tempat kerjanya, ada yang disebabkan sulitnya mendapatkan pekerjaan, ada juga yang dikarenakan bosan di kantor dan tidak bebas mengatur waktu. Dan masih banyak lagi alasan mengapa banyak orang ingin beralih menjadi pebisnis.

Penyebab Bisnis Bisa Gagal

Tidak sedikit dari pebisnis pemula yang berhasil, dan banyak juga yang mengalami kegagalan. Nah kali ini saya ingin mengungkap mengapa Bisnis yang kita geluti tidak berhasil alias gagal?

Beberapa sebab yang mengantarkan bisnis kita pada kegagalan, diantaranya sebagai berikut:

1. PRODUK TIDAK DIBUTUHKAN ORANG.

Mengapa Bisnis Bisa Gagal? Kadang pebisnis pemula terlalu Berpegang pada idealisme: menjual produk yang disukai atau Terlalu fanatik dengan suatu Produk padahal pasarnya kecil.

Tidak jarang juga Memaksakan produk yang sulit dijual karena memang orang tidak banyak yang membutuhkannya. Apa akibatnya?? omsetnya jadi Kecil dan tidak bisa menutupi biaya operasional.

 

2. PRODUKNYA KALAH DARI PESAING.

Mengapa Bisnis Bisa Gagal? Penyebabnya adalah Memilih produk yang sama dengan pebisnis lain sebetulnya tidak masalah.  Tapi  kalau tidak jeli terhadap persaingan dengan competitor, maka akan kalah.  Bisa  kalah kualitas, kalah fitur, kalah manfaat, kalah nilai, kalau khasiat, kalah packaging, dan lain sebagainya.  Nah kalau sudah kalah bersaing, mau tidak mau, bangkrutlah bisnis Anda….

 

3. MARGIN TIPIS

Mengapa Bisnis Bisa Gagal?Nah ini juga bisa menjadi penyebab gagalnya bisnis. Terlalu kecil mengambil margin dari produk yang dijual. Suka banting harga, yang penting laku, makanya  keuntungannya jadi tipis.  Berpegang pada prinsip : Jual murah Yang penting dapat omset, bisa jalan.  Ssesekali mungkin tak masalah, tapi kalau dilakukan terus menerus, maka usaha tidak  tumbuh, lalu selesai deh.

BACA JUGA : 9 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Dengan Mudah Dan Cepat

4. ONE MAN SHOW

Mengapa Bisnis Bisa Gagal? semua dikerjakan sendiri. Tidak punya team atau takut merekrut orang. Takut ditipulah, takut dikhianatilah, sayang uangnya lah dan lain-lain. Karena semua dipegang sendiri, maka lama kelamaan lelah lalu jenuh. Maka akhirnya menyerah deh. Tutup bisnisnya.

 

5. SALAH MEREKRUT ORANG

Mengapa Bisnis Bisa Gagal? Karyawannya tidak kompeten, kalau tidak disuruh tidak jalan, semua harus diperintah terus dan tidak inisiatif. Akhirnya BOS nya juga yang kerjakan lagi semuanya.

 

6. TIDAK PUNYA SISTEM

Mengapa Bisnis Bisa Gagal? Karena tidak mensistematisasi bisnis, maka saat BOS berhalangan memantau bisnisnya, berantakanlah bisnisnya.

 

7. LEADERSHIP OWNER TIDAK BERTUMBUH DAN TIDAK UPTODATE

Mengapa Bisnis Bisa Gagal? Bisnis akan bertumbuh jika owner juga bertumbuh dan mau mengukuti perkembangan jaman. Mau belajar terus menerus, sehingga mampu memimpin dan mengarahkan teamnya.  Bersiaplah gagal dalam bisnis jika tidak mengikut perkembangan ilmu dan informasi

 

8. KEBOCORAN KEUANGAN

Omsetnya sih besar, tapi entah uangnya tidak ada. Nah lho. Bocor bocor bocor, dikarenakan mindset keuangan yang salah kaprah. Dicampur  uang bisnis dengan pribadi, tidak memisahkan mana pengeluaran untuk pribadi dan mana pengeluaran usaha. Karena owner merasa dialah yang memiliki bisnis tersebut, sehingga ia campur keuangan pribadi dan usaha. Atau bisa juga, uangnya menumpuk dalam bentuk stok barang. Bisa juga terlalu besar piutang yang belum ditagih. Dan yang terakhir, dan berbahaya, ketika ownernya boros.

 

Demikianlah beberapa diantara  penyebab yang bisa membuat bisnis/usaha gagal atau tidak berkembang sesuai keinginan. Sebetulnya masih ada lagi faktor-faktor lain yang juga dapat membuat bisnis kita gagal. Namun 8 poin itu cukup untuk dijadikan sebagai pelajaran agar kita waspada dalam menjalankan bisnis kita.

 

semoga bermanfaat

salam 1 Milyar dan tetap Bahagia

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!