Cara Jitu Memasarkan Produk dan Jasa Secara Online Untuk UKM Wanita

Cara Jitu Memasarkan Produk dan Jasa Secara Online Untuk UKM Wanita – Banyak pelaku Bisnis kecil dan UKM kita adalah kaum Wanita dan ibu rumah tangga. Dan kebanyakan dari mereka masih sangat banyak yang kebingungan dalam memasarkan produk dan jasa mereka. Padahal urat nadi dari keberlangsungan bisnis adalah Pemasaran atau Marketing atau pemasaran. Pemasaran tidak jalan maka omset pun tak datang.

Cara Jitu Memasarkan Produk dan Jasa Secara Online Untuk UKM Wanita

Cara Jitu untuk memasarkan produk dan  Jasa  secara  online bagi para pelaku bisnis UKM Wanita di Indonesia memang belum menjadi pilihan utama, padahal menurut hasil survey Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 yang lalu mencapai 143,26 juta orang (Data APJII rilis Februari 2018).

Angka ini naik sebesar 7,9% dari tahun sebelumnya (2016).Melihat pertumbuhan dari tahun sebelumnya (2016) kemungkinan pada tahun 2018 jumlah pengguna internet di Indonesia sudah lebih dari 150 juta pengguna. (saat tulisan ini kami publish belum ada laporan resmi terkait jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2018).Artinya sudah lebih dari setengah jumlah penduduk Indonesia menggunakan internet.Dan yang pasti pada tahun 2019 jumlahnya akan semakin meningkat.

Cara Jitu Memasarkan Produk dan Jasa Secara Online Untuk UKM Wanita

Ditambah lagi dengan fakta bahwa pada agenda tahunan harbolnas tahun 2018 yang lalu, jumlah transaksinya mencapai Rp6,8 triliun hanya dalam beberapa hari saja (data dari Nielsen Indonesia). Ini menunjukkan bahwa perdagangan online mempunyai potensi yang sangat besar.

Juga saat ini banyak ritel yang tutup dan mereka menganggap bahwa kehadiran toko online menjadi ancaman untuk mereka. Bahkan di Amerika berdasarkan laporan dari CNN Indonesia, e-commerce membuat toko ritel tutup (berhenti beroperasi) lebih cepat.

Melihat fakta-fakta di atas sebagai sebuah kesatuan, ada satu pertanyaan yang kemudian muncul, yaitu haruskah bisnis kecil dan ukm Indonesia hanya menjadi penonton saja dan tutup lebih cepat?

Tentu kita sebagai pemilik bisnis kecil dan ukm tidak ingin menjadi penonton saja. Kuncinya ada pada adaptasi. Internet membawa keuntungan yang bisa beradaptasi dan membawa petaka bagi yang tidak mau menyesuaikan diri. Maka dari itu agar bisnis kecil dan ukm bisa tetap bertahan dan terus maju, mau tidak mau bisnis kecil dan ukm harus menjadi pemain di era e-commerce saat ini. Sehingga memasarkan produk dan jasa secara online menjadi sebuah keharusan jika ingin sukses.

Karenanya diperlukan langkah cepat bagi UKM Wanita di Indonesia untuk segera mengambil langkah berpindah dari memasarkan produk dan jasanya secara konvensional kepada Pemasaran Digital.

Beberapa langkah yang harus disegerakan adalah:

1.  Bergabung dalam komunitas belajar Bisnis Online yang nyaman dan terpercaya.

Mengapa nyaman dan terpercaya ??? Karena Belajar memasarkan Produk dan Jasa Secara Online itu butuh proses, maka diperlukan komunitas yang nyaman dan terpercaya.

 

2. Praktekkan Segera Jangan Menunggu Sempurna

Setelah bergabung dan belajar memasarkan produk dan jasa secara Online, jangan menunda untuk mempraktekkannya. Sedikit yang diketahui lalu dipraktekkan itu lebih baik, daripada banyak ilmu tapi di biarkan saja.

 

3. Konsisten dan Jangan Mudah Menyerah

Kunci keberhasilan dari sebuah usaha itu salah satunya adalah KONSISTEN dan tidak mudah menyerah. Jika ditemui kendala, misalkan belum ada yang melirik produk dan jasanya, jangan berhenti. LAKUKAN DAN PERBAIKI. LAKUKAN DAN PERBAIKI. begitu seterusnya. Karena tidak ada kata gagal dalam memasarkan produk dan jasa secara online, yang ada adalah  KURANG ACTIONnya.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Online Tnapa Modal Untuk Ibu Rumah Tangga

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!