5 tips sukses bisnis online terbaru dan terpercaya 2018 untuk IRT gaptek dan terbukti sukses

5 tips sukses bisnis online terbaru dan terpercaya 2018 untuk IRT gaptek dan terbukti sukses.

Menjadi Ibu Rumah Tangga memang berwarna dan beragam aktifitasnya, seakan-akan tiada hentinya. Itulah yang terkadang menimbulkan kebosanan. Bangun tidur aktifitas hanya sekitar tempat tidur, dapur  dan sumur. Eh sumur sudah ga jaman ya… he he. Apalagi untuk ibu rumah tangga seperti saya yang tidak biasa pergi kumpul-kumpul arisan atau reunian. Salah satu cara untuk menghilangkan kebosanan yang positif adalah dengan bisnis online. Ibu rumah tangga bisa memilih online shop dan bisnis online lainnya. Ibu rumah tangga tidak perlu meluangkan waktu khusus karena bisnis ini bisa dijalankan kapan saja, sambil momong anak, sambil menunggu suami pulang kantor atau sambil nunggu anak-anak pulang sekolah.

Meski terkesan bisnis sampingan, tapi potensi bisnis ini sangat luar biasa, mengingat pangsa pasarnya sangat luas. Nah bunda, jika bunda berencana menjalankan bisnis online, ini langkah-langkah yang perlu dipersiapkan:

  1. Siapkan Smartphone

Smartphone ini modal utama pebisnis online, dengan smartphone ini kita dapat mengakses media sosial juga market-market place. Tidak musti smarttphone yang mahal, Yang penting android. Untuk pemula dan yang low bugdet gunakan saja smartphone harga dua jutaan. Eh tapi rasa-rasanya setiap ibu rumah tangga pastilah pegang smartphone ya, jadi tak perlu minta dibelikan lagi oleh suami ya.. kecuali suaminya memang berniat membelikan yang baru. He he he. Bagi bunda yang masih gaptek, jangan malu bertanya untuk mengoperasikan media-media sosial. Malu bertanya sesaat di medis sosial lho. Eeh. Atau bunda bisa ikut belajar dikomunitas terpercaya. seperti komunitas Binsis Online IRT. Ini adalah komunitas khusus wanita, TWI ( Tunas Wanita Indonesia), di dalam komunitas ini bunda akan dibimbing untuk menjalankan bisnis online yang terarah.  Untuk info bergabung  klik disini.

 

  1. Tentukan Jenis Bisnisnya

Ada banyak produk yang bisa dijual secara online. Bahkan hampir seluruh produk itu bisa dijual secara online. Jasa sedot WC saja ditawarkan melalui online lho. Nah bunda tentukan dahulu produk apa yang akan dijual. Sesuaikan dengan passion bunda atau yang mudah supliernya, sehingga tidak merepotkan bunda dikemudian hari. Syukur-syukur kalau supliernya kenal baik atau dekat rumah. Macam-macam produk yang bisa dijual seperti: hijab, perlengkapan bayi, perlengkapan dapur, gamis, tas, asesories, kue kering dan masih banyak lagi. Selain itu bunda juga bisa menjual jasa atau ketrampilan yang bunda miliki.

BACA JUGA: PELUANG BISNIS ONLINE UNTUK IRT

  1. Fokus satu produk

Saat memulai bisnis online, pastikan bunda fokus pada satu produk saja. Jangan memaksakan diri menjual berbagai macam produk. Cukup satu produk, lalu kembangkan sampai berjalan dengan baik. Jangan mudah tergiur dengan kesuksesan produk orang lain, lalu merubah haluan. Karena bisa jadi orang lain sukses dengan produk tersebut setelah melalui proses yang panjang. Jadi benar-benar pilih yang tepat ya bunda. Lakukan riset dengan menggunkan tools dari google. Kalau tidak tahu cari komunitas yang memiliki mentor terpercaya. seperti komunitas ini nih. Nah, kalau sudah mahir dan berjalan lancar barulah bunda mulai menambahkan produk-produk lainnya yang beragam.

 

  1. Gambar dan Info Produk Yang Jelas

Foto atau gambar yang jelas untuk penjual online itu penting kedudukannya. Foto yang bagus akan menimbulkan ketertarikan bagi calon pembeli kita dan meningkatkan potensi jual. Kalau memiliki modal yang cukup bisa menggunakan jasa fotografer, agar produk kita terkesan berkelas. Tapi ingat juga, foto dan produk harus sesuai ya. Jangan sampai pembeli kita kecewa kalau produk tidak sesuai dengan kualits di foto. Jangan lupa juga memberikan informasi detail tentang produk bunda. Misalnya bunda menjual gamis syar’i. Maka bunda perlu mencantumkan ukuran, mislkan lingkar datanya berapa, panjang gamisnya berapa, lingkar bawah gamis berapa dan lain-lain.

  1. Daftar Marketplace

Selain melakukan penjualan di jejaring sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lain-lain. Baiknya bunda juga mendaftrakan produk bunda ke marketplace. Sekarang ini kita diuntungkan dengan berbagai macam marketplace seperti lazada, shopee, tokopedia, bukalapak dan lain sebagainya. Bunda mendaftarlah kesalahsatu marketplace yang sesuai dengan karakter bunda. Dengan mendfatar ke marketplace, daya jangkau produk bunda akan lebih luas lagi.

Nah, kelima tips tersebut saya pikir sudah cukup sebagai bekal buat bunda Ibu Rumah Tangga yang ingin menjalankan bisnis online daari rumah tanpa meninggalkan tugas utama sebagi ibu rumah tangga. Sudah banyak ibu rumah tangga yang mulanya gaptek, dengan belajar dan mencoba di bisnis online sukses luar biasa. Rumah tangga harmonis, penghasilan tambahan pun mengalir manis. He he.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!